8 Detik Yang Menentukan Kesuksesan Digital Bisnis Anda

by

Jika Anda mendambakan kesuksesan digital bisnis Anda. Cermati artikel berikut ini. Bisa jadi inilah penyebabnya selama ini trafik Anda selalu jeblok.

Sudah banyak menulis artikel yang kontennya bermanfaat namun hasil trafik nya sama saja. Memposting konten maupun artikel secara rutin sesuai dengan jam premium waktu orang berselancar di internet pun tidak banyak menolong Anda. Berbagai cara termasuk tukar link ke sesama blogger atau di komunitas pun juga sudah dilakukan, hasilnya? Jauh dari memuaskan.

The Average Attention Span On Online Information is 8 Seconds
– American Research

Mungkin Anda sudah membaca artikel sebelumnya tentang bagaimana struktur penulisan konten atau artikel yang menarik berdasarkan akronim P.A.S.T.O.R. Namun hasilnya tak jauh berbeda. (Bagi Anda yang belum membaca bagaimana menulis artikel yang jelas, ringkas dan menarik, silakan kunjungi: Bagaimana Meningkatkan Pengunjung Web Tanpa Iklan.

Anda mungkin juga mengiklankan konten Anda namun hasilnya tidak cukup berarti, malah banyak mengeluarkan biaya. Pelan namun pasti situasi ini mungkin akan membuat Anda frustasi. Jika ini didiamkan maka akan semakin tidak jelas, semakin parah. Mungkin bisa jadi bisnis Anda akan bleeding.

Apa penyebabnya? Bagaimana solusinya?

Sudah saatnya Anda mencari judul yang lebih menarik untuk artikel dan iklan Anda.

Jika Anda menggunakan judul yang buruk, tidak pengaruh seberapa keras Anda bekerja untuk menulis isinya karena tulisan Anda tidak akan dibaca.
– John Caples

Rahasia Sukses Besar Pengiklan dan Penulis Kelas Dunia

Rahasia mereka adalah “Judul”. David Ogilvy adalah salah satu legenda pakar periklanan yang sukses. Simaklah dan pahami sarannya berikut ini:

“Judul adalah bagian paling penting dalam suksesnya iklan. Ini seperti pesan telegram yang akan dipakai calon pembaca untuk memutuskan apakah akan lanjut membaca isi iklan, artikel atau tidak. Judul merupakan bagian 80% nya, sedangkan sisa 20% nya isi tulisanya (kontennya). Judul dibaca orang rata-rata 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan isi tulisannya”.

Lebih lanjut David mengatakan, membuat judul yang menarik akan meningkatkan kekuatan penjualan sepuluh kali lipat.
Apa yang membuat sebuah judul gagal dan yang lain sukses? Banyak penulis artikel, mungkin juga Anda terjebak mempercayai permainan kata-kata, atau kata-kata yang dianggap “lucu” atau “imut” akan menarik minat pembaca.

Faktanya, tidak! Sama sekali tidak.

Ketika Anda memutuskan untuk membeli sesuatu, Anda ingin mendapat penjelasan petugas sales? Atau Anda ingin mendapatkan kualitas barang dengan harga yang wajar?

Tentunya Anda menginginkan produk yang memuaskan kebutuhan Anda dan budget Anda.

Copywriter yang baik memahami hal ini, sehingga mereka menuliskan sesuai selera pembeli, bukan hal yang lucu, imut, atau gimmick yang tidak relevan dan permainan kata saja di judul iklan mereka.

Mereka mengetahui apa yang dicari pikiran bawah sadar pembaca judul iklan, yaitu “what’s in it for me?”. Apa untungnya buat saya?

Judul yang sukses seolah berbicara kepada pembacanya “Hei, berhenti sejenak! Ini adalah sesuatu yang Anda butuhkan”.

Tiga Fungsi Judul Yang Wajib Anda Ketahui Saat Ini Juga

Disamping berfungsi menarik perhatian pembacanya, judul memiliki banyak fungsi dan manfaat., yaitu:

  • Menghentikan fokus perhatian pembaca pada aktivitas pencariannya. Mereka harus berhenti dari kegiatan menscan ke seluruh tulisan pada halaman dan berhenti untuk membaca judulnya.
  • Membangkitkan rasa penasaran sehingga terus membaca bagian iklan atau body tulisan.
  • Memberikan janji baik secara ekplisit maupun implisit yang menarik bagi pembaca untuk terus membaca.

Dengan menerapkan ketiga manfaat judul di atas maka judul artikel di blog, iklan atau posting sosial media maupun judul email Anda akan efektif.

Banyak sekali artikel dan tulisan yang bagus isinya, menarik untuk dibaca. Namun sayangnya, karena judul yang membosankan, alhasil sepi pembaca. Kecuali judul yang membosankan, banyak orang menulis judul pada sesuatu yang terlalu serius, sehingga tidak banyak yang tertarik untuk membaca isinya.

Kebanyakan orang tidak menyukai judul yang terlalu serius, mereka merasa “berat” judulnya.

Nah… jika Anda ingin artikel atau tulisan Anda dibaca banyak orang, Anda sudah tahu apa yang harus Anda lakukan.

Kini saatnya Ada menyimak, kriteria judul yang berkualitas, apa saja itu?

Bagaimana Judul Bisa Menarik Perhatian Pembaca?

3 Kriteria Judul Yang Menarik Pembaca

1. Judul Bisa “Merampok” Perhatian Pembaca.

Judul yang akan menarik perhatian pembaca adalah judul yang berisi tentang minat diri pembacanya. Berikut ini contoh-contohnya:

“Mengapa Mau Gerah Lagi Di Musim Panas Ini?”. Judul yang dipakai oleh Air Conditioning GE.

Cara lain menarik perhatian pembaca saat pertama secara efektif adalah dengan memberikan informasi. Judul yang berisi memberikan informasi biasanya dimulai dengan kata-kata: “Mengungkap…”, “Baru….”. “Memperkenalkan…”, “Saat ini…”, “Baru-baru ini…”, “Pada akhirnya…”, “Baru tiba…”.

Contohnya: “Mengungkap Resep Baru Kami…”, “Memperkenalkan Metode Baru/Produk Kami…”.

Jika Anda ingin menambahkan kata “Gratis” di judul Anda, silakan dilakukan. Sering kata itu menambah kekuatan judul Anda. Bahkan dalam beberapa situasi kata “Gratis” merupakan kata yang paling powerful. Hampir semua orang ingin mendapatkan sesuatu secara gratis.

Contohnya, judul iklan yang saya pakai. “Gratis! Ebook 5 Ringkasan Buku Best Seller Internet Marketing Senilai Rp. 497Rb”.

Kata-kata lain dalam judul yang efektif mendapatkan perhatian pembaca adalah: “Mengapa, Bagaimana Cara, Garansi, Obral, Aman, Cepat, Mudah, Murah, Terbukti, Kesempatan Terakhir, Hasil, “. Pakailah kata-kata itu di antara rangkaian kalimat judul Anda untuk menarik perhatian calon pembaca Anda.

Judul yang berisi informasi yang bermanfaat sangat powerful menarik perhatian pembaca. Informasi yang dijanjikan dalam judul dapat diberikan dalam booklet, flyer atau file yang akan dikirimkan ke calon pembaca.

Contoh: “ Gratis 67 Laporan Terbaru Dari Saham Yang Baru Bertumbuh” ini dipakai Merrill Lynch”. “Lima Langkah Mudah Mengecat Bagian Bawah Tangga Anda” Atau “ Empat Langkah Sederhana Cara Finishing Furniture yang Cantik”.

Ini juga menarik “Bagaimana Mengolah Bebek Agar Empuk, Gurih Dan Bebas Bau Amis”.

Banyak pengiklan dan penulis berusaha mendapatkan perhatian calon pembaca dengan menulis judul yang berisi gimmicks yang tidak bisa dibuktikan pada pembaca bahkan tidak ada hubunganya dengan produk atau konten tulisannya.

Sebuah perusahaan manufaktur pernah mengiklankan dengan memasang foto wanita berpakaian minim. Serta menawarkan mengirimkan foto yang sama kepada para pembacanya jika pembaca memotong kupon dan mengirimkannya.

Apakah tipe iklan ini menarik perhatian? Iya. Apalagi kalo orang suka iseng. Tapi apakah menarik perhatian calon pembeli produk yang ditawarkan? Faktanya, ternyata tidak.

Keisengan untuk mendapatkan perhatian akan menarik banyak keingintahuan orang, namun tidak menarik buat calon pembeli. Hanya sedikit yang akan membeli produk itu dengan cara iseng seperti itu, hanya akan mendapatkan perhatian, tapi bukan penjualan.

Hal ini disebabkan karena calon pembeli menginginkan kejelasan manfaat nyata apa yang didapatkannya jika mereka membeli. Jika hal ini tidak jelas, maka mereka hanya sebatas tertarik, tapi tidak membelinya.

Sekali lagi hindari konsep judul yang hanya berkesan “imut-imut”, lucu, pandai, cerdas, intelek, canggih, menggelitik saja, tanpa ada relevansi dengan isi dan maksud yang ingin Anda sampaikan. Mungkin bisa menghasilkan booming, namun tidak punya kekuatan -penjualan-.

2. Judul Mampu Menyeleksi Calon Pembaca

Kriteria lain judul yang menarik adalah bisa langsung menyeleksi pembacanya dengan efisien. Jika Anda menjual game untuk generasi millenial, harus memiliki judul yang langsung bisa menyeleksi, sehingga para usia lanjut di atas 50 tahun tersaring sudah tidak tertarik.

Berbeda juga jika Anda bertujuan menjual asuransi untuk manula diatas 60 tahun, tidak relevan jika menulis iklan yang menimbulkan respon justru dari para anak muda. Akan lebih berhasil jika Anda menuliskan itu dengan jelas di judul iklan Anda.

Misalnya, “ Untuk Pria dan Wanita Diatas 60 Tahun Yang Membutuhkan Perlindungan Asuransi Jiwa Dengan Premi Terjangkau”.

Contoh lain, iklan menjual mansion seharga di atas 3 Milyar, misalnya. Supaya tepat sasaran dan efisien, Anda perlu menambahkan “Penawaran ini khusus bagi para sahabat yang berkantong tebal saja!”

Bagaimana jika menulis judul untuk menjual mobil sport yang harganya puluhan milyar yang memiliki kekuatan menyeleksi calon pembeli, saran saya seperti ini ”Jika Anda Masih Bertanya Berapa Kilo Meter Per Liternya, Mobil Ini Bukan Untuk Anda”.

Inilah contoh-contoh lainnya, “Kami Mencari Orang Yang Mengajarkan Berenang Pada Balita”. “Jika Tagihan Listrik Anda Boros”. “Untuk Anda Yang Suka Travelling…..”. “Yang Kami Cari Penulis Buku-Buku Remaja”. “Apakah Anda Menyukai Mengajar Dan Mendidik Anak-Anak”. Judul yang terakhir menyeleksi untuk mencari guru-guru PAUD.

3. Judul Dapat Menyampaikan Pesan Keseluruhan

Dalam buku yang ditulis oleh Robert W. Bly menutip pendapat David Ogilvy: 4 dari 5 pembaca akan membaca judulnya saja dan melewatkan isi iklanya. Jika demikian maka judul harus memuat keseluruhan pesan.

Cara ini ternyata mampu menjual kepada 80% pembaca yang hanya membaca judulnya saja. Wow…sangat luar biasa bukan? Anda penasaran seperti apa contohnya?

“Ketahui Sejak Dini, Kerusakan Awal Pada Gigi Dapat Diperbaiki Oleh Colgate!”

Jika pasar Anda adalah para Blogger atau Internet Marketer, Anda bisa memakai judul ini

“Anda Bisa Mendapatkan Banyak Uang Dari Internet Marketing Dengan Strategi Branding Yang Ringkas Dan Jelas, Sekarang Juga”.

Atau jika produk Anda dapat menghemat sesuatu “Merek (Brand), Menghemat Biaya Sampai XX%”.

Rekomendasi dari David Ogilvy adalah memasukan janji Anda (selling promise) dan nama produk/merek Anda dalam satu judul.

Nah… sejauh ini Anda sudah membaca dan mendapatkan banyak informasi dan contoh-contoh membuat judul. Saatnya Anda membuktikan pengaruh dari perubahan judul berikut ini.

Dalam Digital Bisnis, Perubahan Kecil Judul Berdampak Luar Biasa

Pernah mendengar Tickle, sebuah startup yang dilaunching tahun 1999 oleh James Currier, sebuah layanan photo sharing yang sukses. Pernah dua kali breakthroughs dengan hanya mengganti judul. Judul lama “Store Your Photos Online” sangat sedikit trafik websitenya.

Kemudian judul itu diganti dengan “ Share Your Photos Online”. Hasilnya secara instan exponensial, trafiknya meledak.

Hanya dalam waktu 6 bulan Tickle mendapatkan 53 JUTA users!

Diilhami oleh kesuksesan ini Currier membuat web layanan kencan “dating”. Dengan judul atau tagline “ Find a Date”, pertambahan users nya sangat payah. Jauh dari yang diharapkan. Kemudian diubah menjadi :Help People Find a Date”.

Secara pasti banyak sekali users langsung invite teman-teman mereka. Para users tidak hanya ingin dibantu namun juga ingin membantu, mereka suka terlibat dan membantu orang. Ikut membantu, berkontribusi mencarikan kencan untuk teman-teman nya yang masih single. Hasilnya? Bayangkan hanya dalam waktu 8 bulan, melejit sampai 29 juta users.

Inilah solusi yang harus Anda coba dan uji. Ambil beberapa judul dan ujilah mana yang paling menghasilkan. Hemat biaya iklan, namun powerful.

Eli Pariser seorang pemilik Upworthy digital bisnis dalam bidang berita dengan pertumbuhan pembaca tercepat saat ini di dunia, membagikan sarannya: “ sebuah judul yang baik dapat menghasilkan perbedaan dari 1.000 menjadi 1.000.000 pembaca”.

Ebook Lengkap Tentang Judul, GRATIS Untuk Anda.

Jika Anda ingin memperdalam pengetahuan tentang bagaimana membuat judul dan sub judul yang menarik dan powerful. Juga ingin mendapatkan template-template judul dan contoh-contohnya. Kami sudah menuliskan Ebook tentang judul dan sub judul yang bisa Anda miliki secara GRATIS!

Ebook ini berisi:

  • 6 Kriteria judul yang menarik pembaca.
  • 11 macam template dan contoh judul yang pasti sangat powerful.
  • Dilengkapi dengan 19 bank judul yang bisa Anda pakai, pilih sesuai dengan artikel atau iklan Anda.

Jika Anda berminat Ebook ini, silakan klik DI SINI.

Kami akan mengirimkan link ke alamat email Anda. Segera Anda akan dapat mendownloadnya.

Jika Anda memiliki judul yang bagus. Anda akan memiliki iklan yang menarik. Akan tetapi sekalipun copywriter terhebat tidak akan dapat “menyelamatkan” iklan dengan judul yang payah.
– John Caples

Saat Tepat Untuk Anda Praktikkan

Anda berada di titik keputusan. Anda dapat melanjutkan perjalanan, jalan lama Anda, jalur yang telah Anda lalui. Yang sering dilalui banyak orang juga. Atau Anda dapat memilih jalan yang jarang dilalui orang. Jalur lama Anda akan menghasilkan yang sama seperti yang selalu Anda terima saat ini.

Tetapi jika Anda ingin sesuatu yang berbeda terjadi, jika Anda ingin mengubah arah digital bisnis. Anda harus melakukan sesuatu yang berbeda. Buat pilihan baru, dan dapatkan hasil baru Anda.

Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Jika menurut Anda informasi ini bermanfaat, silahkan untuk disebar-luaskan.

Atau kami akan sangat senang jika Anda bersedia memberikan komentar dan masukan di bawah ini.

Semoga Sukses Selalu.
Salam Damai Untuk Anda dan Keluarga.
Ery Prasetyawan

N.B: 

Ayo! gabung komunitas dan networking kami:

https://www.facebook.com/diboze

GRATIS! Ebook 19 Judul Traffic Booster TANPA Iklan!

YA, Bonus ini milik Anda... Beritahu kami kemana mengirimkannya!

Anda luar biasa. Silakan cek INBOX Anda untuk mendownload ebook gratis ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*