Mengapa Awalnya Mereka Gagal, Namun Sekarang Sukses Gemilang? Inilah Rahasianya…

by

There is a greater gift than the trust of others, and that is to trust in one’s self.
– Jenny, Call The Midwife

Jaman Now, banyak orang ingin berbisnis digital. Mungkin salah satunya adalah Anda juga. Satu hal yang sering membuat mereka bingung adalah bagimanana memulainya? Apa langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai digital bisnis supaya bisa sukses?

Sebelum Anda memulai, ketahuilah fakta-fakta berikut ini: Menurut hasil studi bloomberg, dalam 18 bulan pertama: 8 dari 10 pebisnis – 80%- gagal. Ya benar…ini adalah fakta yang kejam. Bahkan menurut hasil studi dari Visual Capitalist, lebih bengis lagi untuk startup teknologi : 90% gagal.

Statistik yang sadis di atas penyumbang terbesarnya karena owner bisnis tidak memiliki mentalitas bisnis yang kuat. Mereka memulai bisnis dengan cara yang tidak tepat.

Anda bisa bayangkan dengan fakta di atas kemudian lebih banyak lagi orang ingin berbisnis dan memulainya dengan salah. Tidak memiliki mentalitas yang kuat. Apa jadinya?…Tentu statistiknya akan semakin sadis lagi.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Dengan Baik

Hampir pasti bahwa setiap bisnis akan menghadapi tantangan berat bahkan mengalami kegagalan. Kadang tidak hanya sekali namun berkali-kali. Kunci keberhasilannya adalah pada sikap dan mentalitas pemiliknya.

Jika sikap dan mentalitas pemiliknya kuat dan tangguh, maka apapun tantanganya dia akan dapat mengahadapinya. Apapun kondisinya, sekalipun gagal, maka dia akan bisa bangkit lagi.

Sebaliknya jika pemiliknya tidak memiliki sikap dan mentalitas yang tangguh maka walaupun tantangannya tidak begitu besar sekalipun, dia akan mudah menyerah dan selesai.

Mungkin inipun sudah dipahami oleh banyak orang dan para pebisnis itu. Bahkan mungkin Andapun sudah paham akan hal ini. Untuk sukses di bisnis maupun di mana saja, diperlukan sikap dan mentalitas yang tangguh.

Namun faktanya tidak banyak orang tahu bagaimana caranya memiliki sikap dan mentalitas tangguh ini.

3 Rahasia Memiliki Sikap dan Mentalitas Tangguh

Langkah ini sudah terbukti ribuan tahun. Sudah dua ribu tahun lebih dilakukan oleh orang-orang yang meraih sukses. Mereka meraihnya bukan karena tidak ada atau sedikitnya hambatan dan kegagalan. Mereka juga mengalami penderitaan dan kegagalan berkali-kali. Meskipun begitu mereka berhasil melewati dan mengalahkan kegagalan itu karena melakukan 3 langkah ini.

Sayangnya orang yang berhasil melalukan langkah ini jumlahnya tidak banyak. Hanya sekitar 3-5 % saja. Apakah Anda bisa bergabung dalam persentase itu?

Tiga langkah ini saya namakan dengan 3M: Mission, Message dan Meaningful. Banyak pebisnis gagal karena tidak memiliki 3M ini. Atau mereka mungkin sudah memiliki, namun kurang jelas. Inilah yang menyebabkan sikap dan mentalitasnya rendah.

Seperti apa langkah 3M ini , lebih detailnya mari kita bahas satu persatu:

M pertama: Misi

Memiliki Misi hidup yang jelas.

Untuk sukses dan bermental tangguh, Anda harus paham dengan sangat jelas apa misi hidup Anda. Siapa jati diri Anda? Apa yang Anda inginkan? Untuk apa Anda hidup? Apa tujuan hidup Anda? Pertanyaan-pertanyaan ini harus Anda cari jawabanya dengan jelas.

Jika Anda sendiri tidak memahami apa misi hidup Anda, bagaimana orang lain atau calon pelanggan Anda akan memahami Anda?

Jelasnya misi hidup akan memberikan dorongan pada sikap dan mental yang tangguh. Semua yang menyerah kalah dari kegagalan dan tidak bangkit lagi, karena mereka tidak memiliki misi yang jelas. Atau bahkan banyak orang yang hanya melakukan tanpa misi sama sekali.

Melakukan sesuatu tanpa tujuan, maka bisa ditebak akibatnya. Mereka akan mudah menyerah dan kalah.

M kedua: Message

Sampaikan pesan misi Anda kepada orang lain atau pelanggan Anda.

Langkah berikutnya setelah Anda jelas akan misi hidup Anda sendiri. Anda harus menyampaikan pesan itu kepada orang lain. Apa yang sedang Anda lakukan saat ini? Apa yang akan Anda lakukan kedepannya?

Sampaikan pesan dengan jelas, ringkas dan menarik. Agar orang yang menerima pesan menjadi mengerti dan memahami inti pesan sesuai dengan apa yang Anda maksudkan.

Jika pesan ini sampai dengan baik dan benar, diterima oleh banyak orang, maka mereka akan percaya dengan Anda. Kemudian mau menuruti apa yang Anda inginkan. Setidaknya mereka akan bisa membantu mewujudkan misi Anda.

M ketiga: Meaningful

Deliver Meaningful. Menghasilkan sesuatu yang berarti. Memberikan nilai tambah.

Pikirkan bagaimana cara untuk memberikan arti kepada orang lain dengan melakukan misi Anda. Kepada pelanggan Anda. Memberikan nilai tambah bagi kehidupan luas. Apa yang harus Anda lakukan? Bagaimana melakukannya? Bagaimana supaya berdampak ke semakin banyak? Semakin luas?

Kebiasan apa yang harus Anda miliki? Keuletan apa yang harus Anda terapkan? Kedisiplinan seperti apa yang harus Anda jalankan? Supaya dapat meberikan sesuatu yang lebih berarti bagi kehidupan.

Ketiga M ini harus jelas dulu, sejelas-jelasnya. Jika ini tidak jelas, maka Anda akan berhenti di tengah jalan.
Bagaimana Anda bisa memastikan bahwa Anda tidak berhenti di tengah jalan dan gagal?

Tentunya hanya dengan memiliki dan memehami 3M ini dengan jelas.

Template 3M Ini Jelas, Ringkas Dan Menarik. Praktikkanlah…

Dengan membaca sampai bagian ini saja tidak akan membuat Anda bisa membuat 3M ini dengan baik sampai memberikan kejelasan pada Anda sendiri. Banyak sekali orang yang tetap tidak paham apalagi sampai bisa menuliskan 3M ini dengan jelas, ringkas dan menarik.

Namun, Anda tidak usah kawatir. Saya sudah menyusun template 3M ini secara sistematis, sehingga mudah untuk dipraktikkan.

Saya akan memberikan template ini, yang dapat menuntun Anda langkah demi langkah sehingga Anda tinggal melengkapi dengan menuliskan beberapa kata sesuai dengan 3M Anda masing-masing.

Jika Anda bersedia meluangkan waktu, pikiran dan usaha Anda sedikit saja. Maka Anda akan memiliki kejelasan 3M Anda dengan segera. Dengan demikian Anda akan memiliki sikap dan mentalitas yang tangguh.

Inilah alasanya: Template ini teruji dan terbukti ribuan tahun, diambil dari filoosfi holistik. Dirumuskan kembali oleh scripwriter dari Amerika yang paling sukses dan paling berpengaruh saat ini di dunia bisnis dan digital.

Berminat dengan 3M Template?
Saya akan mengirimkan template yang sederhana dan mudah dilakukan ini ke alamat email Anda.

Untuk mendapatkan template 3M:
“Klik Di Sini”

Inilah cara baru untuk memulai bisnis yang sukses. Mulailah cara baru dan dapatkan hasil baru. Yang berpotensi lebih besar untuk membuat Anda sukses.

Terima kasih sudah membaca artikel ini.
Jika menurut Anda informasi ini bermanfaat, silakan untuk disebar luaskan.
Atau kami akan sangat senang jika Anda bersedia memberikan komentar dan masukan di bawah ini.

Semoga Sukses Selalu.
Salam Damai Untuk Anda dan Keluarga.
Ery Prasetyawan

N.B: 

Ayo! gabung komunitas dan networking kami:

https://www.facebook.com/diboze/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*