Mengapa Memboroskan Banyak Uang Untuk Iklan Digital, Jika Ada Cara Yang Lebih Hemat Berikut Ini?

by

Pendapatan akan meningkat rata-rata 23% dengan Brand yang jelas dan konsisten dikomunikasikan.
– Lucidpress

Hampir semua pebisnis digital ingin melejitkan jumlah audience ke website atau blog nya. Untuk pada akhirnya menaikan revenue dan profit.

Mereka berbondong-bondong memasang iklan dimana-mana. Di sosial media, mulai dari Facebook, Instagram, Tweeter, Pinterest, Path dan banyak lagi lainnya. Bahkan memasang iklan juga di Google Adwords, menyewa konsultant SEO/SEM dengan analytic tools yang sangat proper.

Sampai dengan join venture ad, bekerja sama dengan affiliate marketer sudah dilakukan. Juga dengan crowd resouces dilakukanya juga. Namun hasilnya? Lebih banyak uang keluar daripada revenue yang didapat. Banyak Perusahaan “Bakar Uang” ini istilah yang sering kita dengar.

Untuk jangka pendek tentu cukup efektif, namun akan berbeda jika diteruskan dalam jangka waktu yang panjang. Alasannya?

Biaya iklan digital mahal dan akan terus naik.

Sebuah penelitian oleh para ilmuwan dunia menemukan bahwa biaya advertising digital naik 5 kali lebih cepat dari inflasi Amerika Serikat. Serta 71% lebih cepat dari biaya iklan di TV.

Meraka telah jatuh ke dalam lubang jebakan iklan – menghabiskan terlalu banyak uang untuk materi iklan dan pemasaran yang tampak hebat tapi kurang menghasilkan.

Data dari penelitian Proxima mengungkapkan bahwa 60% dari pengeluaran pemasaran digital terbuang percuma dan 37 miliar dollar anggaran pemasaran di seluruh dunia sedang disia-siakan pada kinerja pemasaran yang buruk. Akibatnya, anggaran ini gagal memberikan pengembalian investasi yang diharapkan (ROI).

Bertahun-tahun Menghabiskan Banyak Uang Pada Marketing Yang Tidak Menghasilkan

Itulah pengalaman saya juga, bertahun tahun keluar banyak uang untuk iklan yang hasilnya lebih sedikit dari apa yang sudah saya investasikan. Bahkan sering sama-sekali tidak menghasilkan. Memang pangsanya sangat besar, bayangkan saja…

Sampai saat ini lebih dari 4 Milyar orang mengakses internet. Di Indonesia tak kurang 100 juta orang sudah mengkases internet. Inilah alasan kuat Anda tidak bisa mengabaikan digital advertising. Namun hati-hati.

Banyak kejadian menjadi sebaliknya.

Strategi yang tidak efektif akan memakan puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah uang Anda. Bisa melayang begitu saja. Inilah 3 alasanya mengapa:

1. Persaingan Iklan Yang Ketat.

Ada pendapat yang menarik dari seorang pakar iklan digital, Linda Emma. Menurutnya, memang Itu akan tergantung pada produk dan pasar Anda, tetapi persaingan periklanan digital dapat membuat iklan menjadi sangat mahal. Berapa tawaran kata kunci yang favorit?

Jika Anda hanya mampu membayar 1.000 rupiah per kata kunci, tetapi pesaing Anda dapat membayar 10 ribu rupiah, Anda tidak memiliki banyak peluang.

Untuk beberapa bisnis, masuk akal untuk membangun situs web yang bagus dan kemudian mengandalkan metode periklanan tradisional yang selalu berhasil di masa lalu. Branding.

Menurut saya pendapat ini sangat relevan dengan apa yang terjadi saat ini. Banyak yang beriklan di tengah-tengah persaingan iklan yang ketat. Apalagi beriklan gencar namun Anda belum memiliki Brand yang jelas.

Tidak perlu Brand yang sudah kuat. Cukup Anda memiliki Brand yang jelas mengenai apa yang Anda tawarkan dan bagaimana tawaran Anda bisa membuat hidup calon pelanggan Anda lebih baik. Itu sudah cukup efektif bagi Anda untuk mulai menaikan pengaruh ke calon pelanggan Anda.

Mari kita ulas lebih detail , di alasan kedua berikut ini.

2. Belum Memiliki Brand Sudah Beriklan.

Brand adalah nama, istilah, desain, simbol, atau fitur lain apa pun yang mengidentifikasi barang atau jasa penjual yang berbeda dari yang dimiliki penjual lain. Istilah hukum untuk Brand adalah merek dagang. Brand dapat mengidentifikasi satu produk, kategori produk, atau semua produk dari penjual tertentu. Jika digunakan untuk perusahaan secara keseluruhan, istilah yang lebih disukai adalah nama dagang.
– American Marketing Association.

Brand itu tidak hanya terbatas pada nama perusahaan, logo, kartu nama, maupun website. Brand akan menentukan reputasi bisnis Anda. Yang akan mencakup semua yang tangible, tulisan, tanda, logo sampai yang intangible dari semua aktivitas bisnis Anda.

Brand sangat penting dan sangat menentukan. Hal pertama yang harus dipikirkan dan dibuat oleh para entrepreneur sebelum memulai bisnis adalah membuat Brand. Mengapa begitu:

Orang memiliki terlalu banyak pilihan dan terlalu sedikit waktu.

Jika Anda tidak memiliki Brand atau Brand Anda tidak jelas. Bagaimana mereka bisa menemukan atau mengingat bisnis Anda?

Sebagian besar penawaran memiliki kualitas dan fitur serupa.

Bagaimana mereka mengenali bisnis Anda?

Supaya mereka mudah mengenali, Brand Anda harus menancap kuat di ingatan mereka. Ingatan pelangan sangat penting pengaruhnya untuk bisnis Anda.

Pendapat seorang Psikolog terkenal Daniel Kahneman yang disaring dari hasil penelitiannya tentang “Perbedaan experiencing self dan remembering self”. Dimana experience self didapat dari jawaban pada saat survey dilakukan. Sedangkan remembering self adalah asesmen total berdasarakan dari memory seseorang atau pelanggan akan suatu Brand.

Kami cenderung mendasarkan pilihan pembelian kami pada Brand terpercaya.

Para pembeli memutuskan pembelian berdasarkan apa yang mereka percayai akan suatu Brand. Maka munculah istilah barang yang Branded. Artinya barang yang dipercayai pasar.

Jika sudah Branded maka orang akan menjadi keranjingan untuk membelinya. Sering sekali mendengar celetukan orang “Iya laku keras, karena barangnya sudah branded”.

Produk atau bisnis yang sudah Branded akan sangat dicari orang meskipun tanpa atau sedikit iklan. Sehingga revenue dan profit nya besar karena sudah tidak keluar biaya iklan yang besar.

Jika ada produk super namun Brand nya biasa saja, maka harga yang bisa ditawarkan tidak bisa premium.

Sebaliknya, jika ada produk biasa namun Brand nya premium, maka nilainya bisa terdongkrak karena Brandnya, premium.

Jika ada produk super dan Brandnya premium, maka sangat mudah menjual dengan harga premium.

Namun apa yang terjadi jika produknya biasa dan Brand nya juga tidak premium? Maka akan susah payah untuk menjualnya.

Jadi Brand akan sangat mempengaruhi produk dan bisnis. Memiliki produk super dan sudah ada Brand namun belum premium saja cukup sulit untuk mendapatkan penjualan yang efektif dengan biaya yang efisien.

Apalagi Anda belum memiliki Brand sama sekali. Namun sudah beriklan besar-besaran. Kira-kira apa yang terjadi?

Pemborosan biaya, waktu dan usaha Anda.

Ketika persaingan dan pasar menciptakan pilihan yang tidak terbatas, harus mencari cara untuk terhubung secara emosional dengan pelanggan, menjadi tak tergantikan, dan menciptakan hubungan seumur hidup, itulah manfaatnya memilki Brand.

Brand yang kuat akan menonjol di pasar yang padat. Orang-orang jatuh cinta pada Brand, mepercayainya, dan percaya pada keunggulannya.

Jadi sebelum beriklan, pastikan Anda memiliki Brand yang jelas. Ini akan menaikan potensi revenue dan profit Anda dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk memulai Branding Anda, buatlah Blog atau Website yang jelas. Bagaimana caranya? Akan saya ulas detail di bagian solusi dalam artikel ini.

Solusi Bisnis Anda Tetap Efektif Dengan Biaya Efisien

Anda bisa mendapatkan banyak pengunjung website atau blog Anda dengan tanpa atau sedikit beriklan. Ini akan menaikan potensi pembelian, revenue dan profit Anda.

Jika website Anda menarik, jelas dan memberikan manfaat nyata kepada para pengunjung, maka mereka akan mau mengunjungi terus juga bersedia dengan senang hati memviralkan website Anda dengan sukarela.

Maka Anda tidak perlu susah-susah beriklan dan menghabiskan banyak biaya? Bagaimana caranya memiliki website yang sering dikunjungi orang? Anda memerlukan cara ini:

Membuat Brand Yang Jelas Dan Menarik

Mulailah dengan menuliskan Brand Script Anda. Kriteria sukses menuliskanya adalah: Jelas, Ringkas Dan Menarik. Kemudian sampaikan pesan ini melalui website Anda.

Karena setiap orang memiliki terlalu banyak pilihan (webiste) namun terlalu sedikit waktu. Maka untuk mendapatkan perhatian mereka, website Anda harus jelas, ringkas dan menarik. Jika tidak, maka mereka akan meninggalkan website Anda dan beralih ke website milik orang lain.

Dari research dihasilkan statistik, selama 24 jam ada 60.000 buah pikir yang membombardir pikiran manusia.

Jika website Anda ingin dikunjungi orang, pastikan lebih menarik daripada 60.000 hal lain di atas.

Pada saat awal melihat website, setiap orang hanya menscan, tidak membaca. Jika di halaman pertama website Anda terlalu banyak informasi yang tidak dibutuhkan oleh pembaca Anda. Ini membuat mereka tambah bingung, tidak jelas.

Maka mereka akan dengan cepat menutup website Anda dan mencari hal lain yang lebih menarik.

Rata-rata setiap pengunjung hanya memiliki waktu 5 detik untuk melihat halaman pertama website Anda, kemudian memutuskan. Lanjut atau keluar.

Selama 5 detik itu, pikiran bawah sadarnya mencari tahu jawaban pertanyaan berikut ini:

  1. Apa tawaran dari website ini?
  2. Bagaimana tawaran website ini bisa membuat hidup saya lebih baik?
  3. Bagaimana cara menghubungi pemilik website ini?

Jika mereka tidak mendapatkan 3 jawaban itu dengan jelas maka mereka menganggap website Anda tidak menarik, mereka akan meninggalkan website Anda. Mereka tidak mau energinya banyak terbuang.

Inilah Branding pada tahap dasar. 3 hal di atas harus Anda jawab di halaman pertama website Anda. Halaman pertama website Anda tidak boleh banyak tulisan, jika terlalu banyak informasi malah akan membingungkan pembaca Anda. Atau mengaburkan pesan utamanya.

Maksimal 2 kalimat saja yang ringkas namun menarik. Mengkomunikasikan manfaat inti penawaran Anda. The super value Anda. Highest first value Anda.

Branding Anda akan menarik kalau customer centris. Untuk memudahkan membuat Branding bisnis Anda, berikut saya berikan template dan contohnya. Anda tinggal mengisikannya kemudian tuliskanlah di halaman pertama website Anda:

  • Untuk Anda/Jika Anda adalah:…..(target customer)
  • Yang ingin:….(goals/want)
  • Product atau service kami adalah:….(category produk Anda).
  • Yang bisa membantu Anda:……(solusi emosional problem dari customer Anda, jadikan ini tag line di
  • halaman pertama website Anda. Tepat di tengah-tengahnya).

Contohnya: Silakan buka www.diboze.com

Anda akan menemukan kejelasan sejak halaman pertama.

Ini template Branding script versi pendeknya. Yang Anda pakai di halaman “home” website. Anda juga harus membuat Branding script versi lengkap dan tempatkan di halaman “about us”.

Penulisan di “about us” versi lama yang terdiri dari Visi:…….Misi:…….Product Kami:…

Sudah ketinggalan jaman. Orang sudah tidak mau membacanya format seperti itu.

Mengapa? Tidak atau kurang menarik. Karena “I centris”. Tuliskanlah dalam bentuk cerita narasi “customer centris” yang menarik.

Halaman ke 2 “home” website dan seterusnya harus bisa menjawab 3 pertanyaan berikutnya:

  • Seperti apa gambaran customer Anda setelah menggunakan produk Anda. Tempatkan gambar yang memvisualkan keadaan akhir orang setelah memakai produk atau membeli penawaran/produk Anda.
  • Breakdown produk atau solusi Anda sampai ukuran yang pikiran pembaca Anda mudah untuk mencerna.
  • Tuliskan di bagian akhir halaman “home/main” website : Brand script versi singkat. Versi lengkap Anda tuliskan di “about us”.

Anda bisa mendapatkan bagaimana menulis Brandscript versi lengkap di buku saya yang akan segera terbit. Yang berjudul. “Tiga Kompetensi (3 KoIn) Inti Digital Bisnis”.

Inilah Ganjaran Jika Memiliki Brand Baru atau Merebranding Dengan Jelas

Dengan Brandscript yang jelas, ringkas dan menarik akan mengkomunikasikan proposisi Anda, sehingga calon customer memahami apa yang Anda tawarkan. Dengan mereka bisa memahami Anda, maka akan tumbuh trust.

Setelah mereka trust kepada bisnis Anda, maka mereka akan membeli atau berbisnis dengan Anda. Anda bisa hemat biaya untuk iklan.Profit Anda akan meningkat.

Seperti apa dampak Brand yang baik? Inilah dampak mereka yang berhasil membuat Brand maupun me-rebranding dengan jelas, ringkas dan menarik.

  • Brand yang secara konsisten dikomunikasikan memiliki 3 hingga 4 kali lebih dijelas dipahami calon pelanggan. (Lucidpress)
  • Pendapatan akan meningkat rata-rata 23% dengan Brand yang jelas dan konsisten dikomunikasikan. (Lucidpress)
  • 64% konsumen menyebutkan value dari Brand menjadi alasan utama mereka mau berhubungan bisnis dengan Brand tersebut. (Ulasan Bisnis Harvard)
  • 89% dari pelanggan bisnis mengatakan bahwa Brand adalah bagian penting dari konten komunikasi, dan
  • 85% dari pemasar mengatakan alasan utama untuk membuat konten adalah untuk membangun Brand dan persepsi positif dari perusahaan. (The Economist Group)
  • 72% pemasar berpikir konten yang komunikatif tentang Brand lebih efektif daripada iklan di majalah; 62% mengatakan itu lebih efektif daripada iklan di TV; 69% mengatakan itu lebih baik dari direct mail dan public relations. (Dewan Konten)
  • 48% konsumen mengharapkan Brand mengenal kebutuhan mereka dan membantu mereka menemukan produk atau layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan mereka. (Kubus)

Jika Anda merasa Brand Anda kurang kuat karena kurang jelas. Atau bahkan Anda belum membuat Brand bisnis Anda, kini saatnya Anda membuatnya. Buatlah Brand Anda sejelas, seringkas dan semenarik mungkin. Jadikan customer sebagai pusatnya. Brand Anda harus customer centris. Seperti template yang sudah saya berikan di atas.

45% konsumen akan berhenti mengikuti Brand di media sosial jika script mereka didominasi oleh promosi diri. Tidak customer centris
– BuzzStream.

Jika Anda mengharapkan hasil baru, tidak lagi boros uang dan waktu untuk iklan. Lakukanlah hal baru, perjelas Brand Anda!

Brand baru Anda yang jelas, ringkas dan menarik akan membawa hasil baru yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Selamat Membranding Bisnis Anda.

Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Jika menurut Anda informasi ini bermanfaat, silakan untuk disebar luaskan.

Atau kami akan sangat senang jika Anda bersedia memberikan komentar dan masukan di bawah ini.

Semoga Sukses Selalu.
Salam Damai Untuk Anda dan Keluarga.
Ery Prasetyawan

N.B: 

Ayo! gabung komunitas dan networking kami:

https://www.facebook.com/diboze/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*